Senin, 12 Desember 2011

Manfaat Gobo dan Teh Gobo


Gobo telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat Jepang, Korea, Cina, dan banyak lagi negara-negara lain termasuk juga eropa. Tetapi bagi masyarakat kita, Gobo masih terasa asing di telinga orang indonesia. Padahal, manfaat yang terkandung di dalam Gobo sendiri sangat banyak sekali. Bagi Orang Cina, mereka percaya Gobo adalah Afrodisiak, yaitu herbal yang dapat membantu merangsang daya seksual seseorang. Dan efektif dalam mengobati impotensi dan kemandulan.

Gobocha / Teh Gobo

Teh Gobo berkhasiat untuk :
  • Menangkal dan Membunuh Sel kanker
  • Menurunkan diabetes
  • Meringankan yang terkena serangan jantung
  • Mencegah stroke
  • Menurunkan kolesterol
  • Meningkatkan nafsu makan dan pencernaan
  • Merangsang daya seksual
  • Dan lain-lain
Meningkatkan Arus Urine 

Menurut US National Library of Medicine dan National Institutes of Health, Gobo dapat membantu meningkatkan aliran urin dari tubuh anda. Karena Gobo adalah diuretik alami. Diuretik biasanya digunakan untuk mengobati hipertensi dan dapat mengurangi resiko stroke penyakit jantung. Karena itulah Gobo berfungsi sebagai pemurni darah dan diuretik, dan mendukung kesehatan hati, ginjal, dan kandung kemih.
Setelah unsur-unsur yang terkandung dalam Gobo masuk ke organ-organ tubuh, maka terjadilah proses pembuangan racun atau toksin dari dalam tubuh yang biasanya disebut Detoksifikasi.

Menurunkan Gula Darah

Gobo punya peranan penting dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, berguna untuk mengobati dan mencegah penyakit diabetes tersebut.

Meringankan Gejala-gejala PMS (Pramenstruasi)

Mengkonsumsi Gobo dapat membantu meringankan beberapa iritasi yang disertai sindrom Pramenstruasi (PMS) bagi banyak perempuan, menurut James Duke, Ph.D., seorang pakar herbal. Dikutip oleh penulis Amyfield dalam sebuah artikel di Akar Gobo pada bulan Mei / Juni 2005. Majalah "The Herb Companion".

Membantu Penyembuhan Iritasi Kulit, Jerawat dan lain-lain

Teh Gobo dapat membantu mengobati iritasi kulit atau Eksim, jika Anda meminumnya dengan teratur. Selain itu, Teh Gobo juga bisa menyembuhkan kulit yang berjerawat. Cara menggunakannya bisa di minum langsung, atau juga bisa dengan cara mencelupkan kain bersih di dalam Teh Gobo murni tanpa pemanis atau penyedap lainnya. Lalu kompres langsung ke kulit yang terkena iritasi.

Mampu Mencegah dan Membunuh Sel kanker

Bibit kanker sudah ada dalam tubuh manusia dan akan bertumbuh atau mati sesuai kondisi imun sistem tubuh manusia. Bila tubuh memiliki imun yang baik, otomatis bibit kanker tidak akan berkembang. Gobo berisi arctigenin, zat efektif dalam memperlambat pertumbuhan tumor kanker.

Gobo memiliki serat terbanyak diantara semua sayuran akar, yang baik bagi pencegahan penyakit usus besar. Gobo juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, kalsium, dll. Mengandung proporsi serat larut dan tidak larut asam laktat yang seimbang untuk merangsang, sembelit (sukar atau tidak dapat buang air besar) dan meningkatkan pembuangan cholesterols. Gobo juga meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan angin dan panas dalam, membersihkan paru-paru dan mengurangi eksim, edema dan racun tubuh, mencegah kanker dan arteriosclerosis. Kandungan besinya merupakan suplemen makanan yang baik untuk wanita dalam perawatan kulit.

Setiap 100 gram Gobo mengandung :
  1.  Protein 4,6 gram
  2.  Lemak 0,8 gram
  3. Gula 3 gram
  4. Energi 38 kkal
  5. Fiber kasar 2,4 gram
  6. Kalsium 242 mg
  7. P 61 mg
  8. Besi 7,6 mg
  9. Beta karotin 3,9 mg
  10. Vitamin C 25 mg

“Jangan panik dan jangan berhenti bila muncul gejala-gejala karenanya”. Gejala tersebut di akibatkan oleh proses Detoksifikasi (proses pembuangan racun atau toksin dari dalam tubuh). Artinya kandungan yang terdapat dalam Gobo sedang bekerja melawan racun-racun di dalam tubuh. Dampak yang terjadi berbeda-beda, tergantung dari penyakit yang dimiliki oleh masing-masing individu. Misalnya, jika di konsumsi oleh orang yang memiliki penyakit alergi kulit, maka akan terjadi gatal-gatal beberapa hari kedepan. Atau jika di konsumsi oleh orang yang memiliki penyakit perut, sering masuk angin, maka terjadi gejala seperti BAB yang tidak normal pada awal mengkonsumsi Teh Gobo. Tetapi dampak tersebut tidaklah lama, sekitar 3 hari sampai 10 hari, atau bisa juga sampai 30 hari. Namun bukan berarti terus-menerus, tetapi kadang muncul kadang tidak. Tergantung masing-masing individu.

Tidak dianjurkan mengkonsumsi Teh Gobo bagi wanita hamil dan menyusui dikarenakan tindakan diuretik (frekuensi produksi air seni) yang sangat aktif.








Angri Firdaus

4 komentar:

  1. Apakah juga menjual juga "sup 5 unsur" yang sudah dikeringkan? Tks

    BalasHapus
  2. Izin share,sangat bermanfaat. Terima kasih

    BalasHapus
  3. Untuk yang membutuhkan bisa hub : WA 089654697833

    BalasHapus
  4. berapa harga untuk burdock segar?

    BalasHapus