Senin, 12 Desember 2011

Budidaya Gobo / Burdock Root

Beberapa tahun kebelakang saya pernah bermukim di negara sakura (jepang) untuk menyelesaikan study. tiap hari saya melihat teman-teman menkonsumsi makanan yang menurut saya aneh karna belum pernah sama sekali melihatnya. saya pun ikut mencoba mencicipi rasa makanan tersebut. setelah saya tanya lebih jauh lagi, ternyata yang baru saja saya makan itu mereka sebut dengan nama gobo. dari sanalah saya mengenal gobo lebih dekat. setelah itu hampir tiap hari mengkonsumsi gobo. badan pun terasa nyaman, selalu segar walaupun aktivitas setiap harinya padat.

Kebun Gobo / Burdock Root

ketika kembali ke Indonesia, saya berusaha untuk tidak lupa membawa bibit Gobo. dengan maksud untuk dibudidayakan sendiri. kebetulan ada lahan yang kosong di perkebunan keluarga yang bisa di digunakan untuk menanam bibit yang dibawa. budidaya pun berjalan dengan baik. dengan di bantu oleh adik saya ( dr. Yulita Firdaus ) yang kebetulan seorang Dokter, saya semakin mengerti akan kesehatan dan mengerti akan manfaat yang terkandung di dalam Gobo yang kami budidayakan tersebut.
Hasil dari Gobo yang saya budidayakan mulai dikenal oleh segelintir masyarakat kita. banyak yang membelinya untuk dikonsumsi sebagai obat atau makanan sehari-hari untuk menjaga kesehatan. Tetapi saat ini saya bersama adik sedang mengembangkan produk baru kami yaitu Teh Gobo. Teh yang kami Proses dari Gobo / Burdock Root itu sendiri. harapan saya dengan Teh Gobo yang kami produksi ini, semoga bisa membantu orang-orang dalam menjaga kesehatan dan semoga masyarakat pun lebih mengerti akan pentingnya kesehatan.


Angri Firdaus

15 komentar:

  1. saya tertarik sekali ingin membudidayakan tanaman gobo ini pak, jika tidak keberatan sudi kiranya bapak memberikan penjelasan gimana cara untuk menanam tanaman ini. saya tunggu informasinya di email chepi.chepi@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Selamat malam pak, saya kebetulan punya kawan dr pt aeon yg mereka ini akan beli gobo dengan jumlah yang banyak untuk mereka kirim ke jepang, kalau bisa dijadikan kerjasama pak, terima kasih (Arfin 082110109910)

    BalasHapus
  3. pak saya mau beli gobonya
    tolong kasih tau cara belinya
    terima kasih
    (jane 0812 9919 3166)

    BalasHapus
  4. bismillah
    klo jual bibitnya tlong hubungi saya pak
    Awan Sukoharjo Solo 085647575086

    BalasHapus
  5. bismillah
    klo jual bibitnya tlong hubungi saya pak
    Awan Sukoharjo Solo 085647575086

    BalasHapus
  6. Kalo ada yang punya gobo, saya mau sedikit saja utk obat kanker ibu saya

    BalasHapus
  7. Saya mau beli caRi dimana ya

    BalasHapus
  8. Saya jg pingin membudidayakan tanaman Gobo.Gmn cara mendapatkan bibitnya pak?

    BalasHapus
  9. Saya cari bibit gobo tolong informasi nya

    BalasHapus
  10. Kalau mau beli dmn? Mohon berkenan kirim alamatnya. Trm ksh

    BalasHapus
  11. Kalau bpk ibu ingin membeli,saya jual gobo unt jumlah kecil dibawah 10 kg..bs hubg bpk endar 081329840577

    BalasHapus
  12. Saya butuh bibit ketela jepang gobo to coba2 menanam dirmh,klo ada hub saya 081218926467

    BalasHapus